Nasional

DPR Beri Perhatian Penuh pada Pergantian Panglima TNI

INDOPOSCO.ID – Ketua DPR RI Puan Maharani menegaskan bahwa lembaganya akan memberikan perhatian penuh agenda pengangkatan Panglima TNI karena memiliki peran sangat strategis, seperti diamanatkan dalam UU Nomor 34 Tahun 2004 tentang Tentara Nasional Indonesia (TNI).

“Panglima TNI memiliki peran strategis dalam memimpin TNI, melaksanakan kebijakan pertahanan negara, menyelenggarakan strategi militer,

melaksanakan operasi militer; dan mengembangkan doktrin TNI,” kata Puan dalam konferensi pers di Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu (3/11), seperti dikutip Antara.

Dia menjelaskan, Panglima TNI juga memiliki peran strategis memberikan pertimbangan kepada Menteri Pertahanan dalam hal penetapan kebijakan pemenuhan kebutuhan TNI dan komponen pertahanan lainnya.

Selain itu, menurut dia, memberikan pertimbangan kepada Menteri Pertahanan dalam menyusun dan melaksanakan perencanaan strategis pengelolaan sumber daya nasional untuk kepentingan pertahanan negara.

“Karena itu, dalam setiap momentum pergantian Panglima TNI akan selalu disertai harapan rakyat agar TNI dapat mewujudkan dirinya sebagai alat negara yang profesional dan efektif dalam mempertahankan, melindungi, memelihara keutuhan, dan kedaulatan negara,” ujarnya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button