Nasional

Kemenhub Kelola Lahan Pulau Berhala untuk Kenavigasian

INDOPOSCO.ID – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) cq Direktorat Jenderal Perhubungan Laut melalui Kantor Distrik Navigasi (Disnav) Kelas I Belawan resmi menjadi pelaksana pengelolaan dan penatausahaan aset Barang Milik Negara (BMN) yaitu Pulau Berhala, Sumatera Utara, untuk kebutuhan kenavigasian.

Pengelolaan lahan di pulau itu termasuk sertifikasi area lokasi Menara Suar yang luasnya mencapai 14.414 m persegi.

“Menara suar selain berfungsi sebagai sarana pendukung dalam keselamatan pelayaran juga sekaligus menjadi tanda batas negara Indonesia. Jadi ini salah satu bentuk bahwa negara hadir di perbatasan untuk menjaga kedaulatan NKRI,” ujar Kepala Distrik Navigasi Kelas I Belawan Arif Muljanto dalam keterangan tertulis di Jakarta, Sabtu.

Baca Juga : Gagasan Indonesia Pulihkan Penerbangan Sipil Global Disetujui

Penyerahan Sertifikat Tanah untuk kebutuhan kenavigasian dilakukan dari Kepala Kantor Wilayah BPN Provinsi Sumatera Utara Dadang Suhendi kepada Kepala Distrik Navigasi Kelas I Belawan Arif Muljanto, dan beberapa instansi lainnya yang telah dilaksanakan secara langsung di atas Kapal Kenavigasian KN Berhala, sekaligus dalam rangka memeringati Hari Sumpah Pemuda.

Dengan begitu ke depannya, tutur ia, proses pembangunan dan pengembangan menara suar akan lebih menjadi transparan, akuntabel, handal, dan berdaya saing.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button