Nasional

Kejagung Telusuri Aset Terdakwa Korupsi Asabri di NTB

INDOPOSCO.ID – Tim Kejaksaan Agung RI menelusuri aset milik terdakwa korupsi pengelolaan dana investasi saham serta reksadana PT Asabri Benny Tjokrosaputro yang ada di Nusa Tenggara Barat.

Juru Bicara Kejati NTB Dedi Irawan di Mataram, Kamis, membenarkan terkait adanya kegiatan tim dari Kejagung RI di NTB.

“Giatnya dalam rangka penelusuran aset milik terdakwa korupsi di PT Asabri. Kegiatan di sini menjadi upaya Kejagung RI dalam pemulihan kerugian negara dari kasusnya,” tutur Dedi Irawan kepada Antara, Kamis (30/9).

Ia menjelaskan kalau ada 3 tim dari Kejagung RI yang turun ke NTB. Mereka disebar ke Pulau Lombok serta Sumbawa.

“Jadi ada beberapa titik yang diperiksa. Ada yang di Mataram serta ada yang di Sumbawa,” ucapnya.

Untuk aset yang berada di Pulau Sumbawa itu berupa lahan seluas 297,2 hektare dalam bentuk 151 bidang tanah di Desa Sepayung, Kecamatan Plampang, Kabupaten Sumbawa.

Dari hasil pemeriksaan, objek yang ditaksir bernilai Rp 30 miliar itu adalah milik Benny bersama adiknya Teddy Tjokrosaputro.

Pada Mei lalu, lahan yang diproyeksikan untuk wilayah perumahan ini sudah disita oleh Penyidik Kejagung RI. Penyitaannya telah memperoleh penetapan dari Ketua Pengadilan Negeri Sumbawa Besar Nomor: 194/Pen.Pid/2021/PN.Sbw tertanggal 18 Mei 2021.

Kemudian untuk penelusuran aset di Kota Mataram, itu berkaitan dengan pusat perbelanjaan Lombok City Center di Narmada, Kabupaten Lombok Barat.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button