Nasional

Mahfud MD: Hunian Penjara Kita Sudah Over Kapasitas

INDOPOSCO.ID – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD, menyempatkan diri datang ke Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Kelas 1 Tangerang, Rabu (8/9/2021) sore.

Ia mengatakan, pihaknya menyempatkan diri datang untuk melihat perkembangan terakhir dari peristiwa yang sudah dilihat banyak pejabat baik itu Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran, maupun Menkumham Yasonna Laoly dan pejabat-pejabat lain.

“Saya ditemani Dirjen Permasyarakatan (Dirjen Pas), Reinhard, ada juga Jampidum dari Kejaksaan Agung, ada Kakanwil Kemenkum HAM Banten, kemudian ada wakapolda dan ada Wali Kota Tangerang,” ujarnya.

Mahfud menyampaikan beberapa hal penting yakni pertama, mewakili pemerintah, ia sekali lagi menyampaikan sangat berbelasungkawa atau sangat berduka atas peristiwa yang menyebabkan tewasnya 41 warga binaan Lapas Kelas 1 Tangerang.

“Ada beberapa yang luka-luka, yang masih dalam perawatan, saya sudah melihat tempatnya. Saya melihat juga yang masih dirawat di sini tadi. Saya juga mengucapkan terima kasih kepada Dirjen Pemasyarakatan yang telah membentuk gugus tugas termasuk menangani soal keluarga. Kalau ada keluarga perlu ketemu dan informasi, ada timnya. Yang paling perlu cepat adalah hubungan keluarga, yang lain-lain sudah ditangani dengan baik,” ujarnya.

Yang kedua, lanjut Mahfud MD, pihaknya mengucapkan terima kasih atas kecepatan langkah yang diambil oleh aparat-aparat dari Direktorat Jenderal Permasyarakatan (Ditjenpas), Polri, rumah sakit, TNI, Wali Kota Tangerang dan yang lain-lain.

“Saya melihat ada kecepatan langkah yang sudah dilakukan, sehingga sampai sekarang situasinya sudah sangat terkendali, tinggal mem-follow up akibat-akibat dari kejadian itu,” ujarnya.

Mahfud mengatakan, kebijakan umum pemerintah terkait dengan kasus ini, kalau melihat dari jumlah korban, melihat peristiwa ini ada dua hal penting yakni:

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button