Nasional

Viral Kartu Nikah di Sosmed, Kemenag Pastikan itu Hoaks

INDOPOSCO.ID – Kartu nikah yang hanya menyantumkan foto suami pada tampilan depan dengan tulisan nama Kementerian Agama viral di media sosial (medsos). Pasalnya pada buku itu, terdapat empat kolom untuk foto istri.

Kementerian Agama (Kemenag) memastikan bahwa kartu itu bukan format resmi yang diterbitkan. Pernyataan tersebut diungkapkan oleh Dirjen Bimas Islam, Kemenag Kamaruddin Amin di Jakarta, Rabu (25/8/2021).

Format kartu dengan foto suami dan empat kolom foto istri tersebut, menurut dia, bukan kartu resmi yang diterbitkan Kementerian Agama. “Itu masuk kategori hoaks karena mengatasnamakan dan menggunakan logo Kementerian Agama,” ungkap dia.

Ia menjelaskan, mulai Agustus 2021, Kemenag tidak lagi menerbitkan kartu nikah secara fisik. Namun, pasangan pengantin yang menikah di bulan tersebut mendapatkan kartu nikah digital.

Dia menyebut, Kartu Nikah Digital terbitan Kemenag menampilkan foto pasangan suami dan istri pada halaman depan, disertai keterangan nama suami, nama istri, serta tanggal akad nikah.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button