Nusantara

Majukan Perekonomian Daerah, Bea Cukai Asistensi Calon Eksportir

INDOPOSCO.ID – Untuk mendukung pemulihan ekonomi nasional, Bea Cukai secara aktif menggandeng pengusaha dari berbagai daerah untuk memasarkan produknya ke pasar global melalui ekspor. Sejalan dengan hal tersebut, Bea Cukai melaksanakan asistensi kepada beberapa pengusaha di daerah Meulaboh, Bitung, dan Maumere.

Pada Rabu (18/8) lalu, Bea Cukai Meulaboh bersama dengan Dinas Perdagangan Aceh Barat mengunjungi Koperasi Produsen Usaha yang memproduksi parfum dan balsem cair dari Nilam, serta produsen cocopeat di Aceh Barat.

Iwan Anwar, Kepala Seksi PKC dan Duktek Kantor Bea Cukai Meulaboh, mengungkapkan, nilam Aceh ini merupakan produk unggulan yang memiliki daya jual tinggi di pasaran. Dan kami berharap, produk ini dapat diekspor ke pasar internasional, untuk mendorong perekonomian masyarakat setempat. Bea Cukai akan mendampingi, serta memfasilitasi proses ekspornya nanti tentu saja.

Iwan juga menjelaskan bahwa cocopeat yang adalah media tanam alternatif saat ini sedang diminati pasar internasional, sehingga diharapkan produsen cocopeat asal Aceh Barat ini dapat memasarkan produknya melalui ekspor langsung.

Sementara, Bea Cukai Bitung turut berperan mewujudkan direct call dari Pelabuhan Hub Internasional Bitung melalui ekspor, dengan mengadakan sharing session bersama perwakilan PT. SITC Indonesia pada Senin (23/8). Kegiatan kali ini membahas optimalisasi ekspor langsung dari Pelabuhan Bitung sebagai pintu masuk dan pintu keluar barang dari Indonesia Timur. Sharing session yang diselenggarakan secara virtual ini juga dihadiri oleh perwakilan Kanwil Bea Cukai Sulbagtara.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button