Nasional

Kemenparekraf Dorong Mahasiswa Jadi Lokomotif Kebangkitan Ekraf

INDOPOSCO.ID – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif atau Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno menuturkan, sumber daya manusia (SDM) yang kuat serta terampil jadi salah satu faktor kunci dalam usaha membangkitkan kembali sektor pariwisata serta ekonomi kreatif pasca pandemi.

Sandiaga menjadi pembicara “YES Goes to Campuss Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya” yang diselenggarakan secara virtual, Sabtu . Ia menjelaskan pandemi memberikan dampak yang besar untuk sektor pariwisata serta ekonomi kreatif.

Seluruh pihak juga diharapkan bisa berinovasi, beradaptasi, serta bekerja sama untuk bertahan di tengah badai pandemi. Karenanya, ia mendorong agar mahasiswa bisa memainkan peran secara maksimal dengan meningkatkan kapasitas dan memaksimalkan adaptasi teknologi agar bisa memberikan nilai tambah pada produk- produk pariwisata serta ekonomi kreatif.

“Saatnya anak muda menjadi lokomotif kebangkitan ekonomi sektor parekraf. Untuk itu, saya memercayai dengan SDM yang kuat, kita dapat bangkitkan sektor ekonomi kreatif dengan produk yang mempunyai nilai tambah tinggi serta menciptakan lapangan kerja dan kewirausahaan yang inovatif berdasarkan transformasi digital,” tutur Sandiaga seperti dikutip Antara, Sabtu (30/7/2021).

Kemenparekraf terbuka untuk bekerja sama dengan seluruh pengelola kepentingan juga masyarakat, termasuk Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya. Kemenparekraf memiliki berbagai program pendampingan serta peningkatan kapasitas yang bisa diikuti para mahasiswa dalam melakukan inovasi terhadap produk-produk pariwisata serta ekonomi kreatif.

Sebagai usaha akselerasi pemulihan pariwisata serta ekonomi kreatif, Kemenparekraf akan lebih dulu menyasar wisatawan nusantara menuju pariwisata era baru, yaitu tren pariwisata yang localize, customize, personalize and smaller in size. Berbasis kesehatan, kuliner, olahraga, edutourism, ecotourism dan desa wisata.

“Dari sisi kesehatan, kita memperkenalkan percepatan penerapan vaksinasi. Termasuk bekerja sama dengan industri melalui vaccine with a view, juga menjadikan penginapan sebagai tempat istirahat tenaga kesehatan,” tutur Sandiaga.

Sedangkan di sektor ekonomi kreatif, ada beberapa program untuk membangkitkan demand, yaitu lewat gerakan nasional Bangga Buatan Indonesia, dan Bangga Beli Inovatif Lokal.

Tidak hanya itu, ada beberapa program untuk membangkitkan demand bagi para pelaku ekonomi kreatif lewat gerakan Bangga Buatan Indonesia. Ditargetkan lebih dari 30 juta UMKM onboarding ke digital pada 2024.

“Kemenparekraf juga memiliki kampanye di sektor pariwisata yakni#DiIndonesiaAja karena 11 miliar dolar AS dibelanjakan masyarakat Indonesia di luar negeri. Untuk itu hashtag itu sebagai wujud ajakan kepada masyarakat Indonesia untuk membelanjakan serta berwisata di destinasi yang ada di Indonesia,” ujar Sandiaga. (mg2/wib)

Back to top button