Nasional

Bea Cukai Sosialisasi lewat Siaran Radio, Webinar dan Asistensi Langsung

INDOPOSCO.ID – Secara berkesinambungan, Bea Cukai terus berupaya mengedukasi masyarakat akan ketentuan pabean yang berlaku melalui gelaran sosialisasi yang dilaksanakan oleh kantor-kantor pelayanan Bea Cukai di berbagai daerah. Sosialisasi pabean yang dikemas dalam talkshow radio, webinar, dan asistensi langsung ditujukan kepada masyarakat luas dari berbagai lapisan, mulai dari masyarakat luas, mahasiswa, hingga pengguna jasa.

Kepala Seksi Humas Bea Cukai, Sudiro, pada Rabu (30/6) mengatakan tujuan pelaksanaan sosialisasi aturan kepabeanan tersebut, “Kami ingin meningkatkan pengetahuan masyarakat akan ketentuan pabean yang nantinya akan berdampak pada peningkatan kepatuhan pengguna jasa terhadap undang-undang yang berlaku.”

Dikatakan Sudiro media sosialisasi yang digunakan Bea Cukai beragam, salah satunya adalah melalui siaran radio di daerah, seperti Bea Cukai Tangerang yang bekerja sama dengan stasiun radio lokal 107,3 FM yaitu PT Suara Tunggal Angkasa Raya (STAR) Radio Tangerang untuk menyebarluaskan informasi kepabeanan.

Di awal Juni 2021 lalu, Bea Cukai Tangerang berkesempatan untuk mengudara melalui siaran langsung di STAR Radio 107,3 FM membawakan materi terkait ketentuan international mobile equity equipment (IMEI). Mengudara selama satu jam, regulasi IMEI secara umum dibahas tuntas, mulai ketentuan dan tata cara pendaftaran IMEI khususnya atas alat telekomunikasi yang dibawa penumpang luar negeri, hingga perhitungan pungutan bea masuk dan pajak dalam rangka impor yang dikenakan. Hal ini berlaku sejalan dengan Surat Edaran Direktur Jenderal Bea dan Cukai nomor SE-12/BC/2020 tentang Tata Cara Pendaftaran International Mobile Equipment Identity (IMEI) atas Perangkat Telekomunikasi Impor yang Dibawa oleh Penumpang atau Awak Sarana Pengangkut yang Telah Keluar dari Kawasan Pabean yang mulai berlaku sejak 18 April 2020.

“Bahwa dalam rangka menekan peredaran alat telekomunikasi ilegal, kami turut mendukung program pengendalian IMEI dengan berlakunya peraturan ini. Kini, pendaftaran IMEI atas alat telekomunikasi yang dibawa penumpang luar negeri dapat dilakukan di kantor pengawasan dan pelayanan Bea Cukai di seluruh Indonesia,” jelasnya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button