Nasional

Dewan Pers: Hoaks Bukan hanya Kesalahan Pemilik Akun

INDOPOSCO.ID – Anggota Dewan Pers Agus Sudibyo menegaskan bahwa hoaks (kabar bohong) itu semestinya bukan cuma kesalahan pemilik akun, namun juga kesalahan pemilik platform digital yang meraup keuntungan dari hoaks yang viral.

“Ini yang harus dikoreksi dari UU ITE kita itu, karena hoaks itu bukan cuma kesalahan pemilik akun, karena pemilik platform digital seperti Youtube, Google, FB, dan medsos lainnya yang untung secara finansial,” katanya di Kuta, Kabupaten Badung, Bali, Rabu (30/6/2021).

Saat berbicara dalam Forum Komunikasi Media Massa bertema “Peningkatan Pemahaman tentang Delik Pers bagi ASN dan Wartawan” yang diadakan Kemenko Polhukam bersama Dewan Pers di Bali secara luring-daring itu, ia menjelaskan 96 persen pendapatan platform digital (medsos) itu dari hoaks yang viral.

“Jadi, kita harus melakukan koreksi nasional terhadap UU ITE, karena di Eropa itu bila ada hoaks yang viral justru platform digital yang digugat, tapi kalau kita sebaliknya. Karena itu, sebaiknya ya dua-duanya, baik pemilik akun maupun pemilik platform digital-nya,” kata Ketua Komisi Hubungan Antar Lembaga dan Internasional di Dewan Pers itu.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button