Nasional

Menkominfo: 50 Persen UMKM ‘Onboarding’ 2024

INDOPOSCO.ID – Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate mengatakan sekitar 50 persen usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) skala nasional bisa memasarkan produk-produk mereka di pasar digital pada 2024.

“Target kami adalah hasil karya artisan, kehebatan-kehebatan local wisdom itu harus bisa ditampilkan di dalam ruang digital melalui marketplace untuk menjangkau pasar yang tidak terbatas, tidak saja pasar domestik tapi juga cross border atau lintas negara,” kata Johnny di Labuan Bajo seperti dikutip Antara, Kamis (17/6/2021).

Jumlah pelaku UMKM di Indonesia saat ini mencapai 65 juta dengan 12 juta di antaranya sudah hadir dalam platform digital. Pemerintah pusat menargetkan sebanyak 30 juta pelaku UMKM dari 65 juta dapat memanfaatkan ekosistem digital e-commerce pada 2024.

Berdasarkan data Asosiasi e-Commerce Indonesia per Mei 2021, sebanyak 21 persen dari target atau 13,7 juta pelaku UMKM sudah memanfaatkan e-commerce untuk memasarkan hasil usaha mereka.

Johnny menjelaskan pihaknya punya sejumlah strategi guna merealisasikan target tersebut mulai dari pembangunan serat optik bawah laut yang menghubungkan berbagai daerah di Indonesia, pemanfaatan satelit, hingga transmisi microwave link yang menghubungkan titik-titik infrastruktur middle mile dengan last mile.

Dia mengungkapkan saat ini sudah terbangun titik-titik infrastruktur telekomunikasi digital melalui serat optik yang menghubungkan destinasi wisata Labuan Bajo di Nusa Tenggara Timur dengan Mandalika di Nusa Tenggara Barat.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button