Nasional

Kapolri: Hanya 1,1 Persen Masyarakat yang Mudik

INDOPOSCO.ID – Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengatakan institusinya telah melaksanakan operasi penyekatan guna mencegah masyarakat melakukan mudik Idul Fitri 2021 di masa pandemi, dan diperoleh catatan hanya 1.472.304 orang atau 1,1 persen masyarakat yang mudik.

“Pada akhirnya hanya 1.472.304 orang atau 1,1 persen masyarakat yang melaksanakan mudik, baik melalui jalur darat, udara, dan laut,” kata Kapolri dalam Rapat Kerja (Raker) Komisi III DPR RI, di Komplek Parlemen, Jakarta, Rabu.

Namun, dengan pembatasan yang dilakukan oleh Polri, satgas COVID-19, dan stakeholder terkait itu, kata Sigit, tetap terjadi episentrum penyebaran COVID-19 pada beberapa kabupaten, di antaranya Kudus, Bangkalan, dan Provinsi DKI Jakarta.

Menurut Sigit, episentrum di wilayah Bangkalan, Madura diawali oleh adanya kegiatan halalbihalal.

Pada saat itu, kata dia, beberapa orang terkonfirmasi positif, dan saat ini dilaporkan tujuh orang meninggal termasuk di antaranya tenaga medis.

“Kasus harian di Bangkalan kini mencapai 392 kasus, meningkat 68 persen dibandingkan angka sebelumnya 50 kasus, sehingga tingkat BOR atau keterpakaian tempat tidur 61 persen,” ujar Sigit.

Sedangkan di wilayah Kudus, lanjut Sigit, terjadi kenaikan tingkat keterpakaian tempat tidur di rumah sakit. Pada awalnya ada di enam desa yang terpapar COVID-19, kemudian naik menjadi 45 desa, dan saat ini menjadi 60 desa yang mengakibatkan 181 orang positif.

“Sehingga menyebabkan kenaikan tingkat keterpakaian tempat tidur sebesar 96 persen,” kata mantan Kapolda Banten ini pula.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button