Nasional

Keterbukaan Transaksi Daring Belum Didukung SDM Berkompeten

INDOPOSCO.ID – Di hulu menjadi masalah munculnya sejumlah problem pada kebiasaan belanja online di masyarakat. Banyak konsumen yang tidak memahami proses bisnis berdagang secara digital.

Pernyataan tersebut diungkapkan Ketua Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Tulus Abadi melalui gawai, Minggu (23/5/2021). Dia menyebut, berdagang secara digital ada entitas yang harus dipahami oleh konsumen.

“Di sana ada pedagang hingga kurirnya. Dan apabila ada komplain dari konsumen itu hak konsumen,” katanya.

Bahwa, dikatakan Tulus, keberatan konsumen dijamin oleh undang-undang (UU) konsumen. Di dalam UU tersebut konsumen berhak mengeluh atau mengadu ketika bertransaksi dengan siapapun dan apapun.

“Tapi pada berdagang secara digital, konsumen tidak mengetahui mekanisme untuk melakukan komplain. Yang ada konsumen mengeluh atau mengadukan kepada kurir,” ucapnya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button