Nasional

29.296 Penumpang Lakukan Perjalanan Nonmudik di Semua Moda Transportasi

INDOPOSCO.ID – Sebanyak 29.296 penumpang melakukan perjalanan nonmudik di semua moda transportasi. Jumlah ini menurun 18,45 persen dibandingkan dengan jumlah pergerakan penumpang di hari pertama masa peniadaan mudik, Kamis (6/5) yaitu sebanyak 32.217 penumpang.

Juru Bicara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Adita Irawati mengatakan jika dibandingkan dengan masa pengetatan (pra peniadaan mudik tanggal 22 April -5 Mei 2021), jumlah rata-rata harian penumpang di masa peniadaan mudik mengalami penurunan cukup signifikan.

Dimana rata-rata jumlah penumpang di semua moda transportasi pada masa pra peniadaan mudik mencapai 174 ribu lebih penumpang per harinya. ”Sementara di masa peniadaan mudik hanya sekitar 31 ribu lebih penumpang perharinya,” kata Adita dilansir dari Antara di Jakarta, Sabtu (8/5/2021).

Adita menjelaskan, secara umum pengendalian transportasi dilaksanakan dengan baik, lancar, dan tidak terdapat kendala yang signifikan, khususnya di sektor transportasi darat yang memiliki banyak titik penyekatan.

Ia menambahkan, pihak Kepolisian dibantu unsur terkait lainnya juga akan terus siaga melakukan penjagaan di titik-titik penyekatan dan akan mengenakan sanksi tegas dengan memutarbalikkan kendaraan, bagi masyarakat yang tidak memenuhi syarat pengecualian.

“Kami bersama seluruh pemangku kepentingan terkait akan terus melakukan pengawasan dan pengendalian transportasi untuk mengendalikan jumlah pergerakan penumpang per harinya dan memastikan penumpang yang bepergian adalah mereka yang memang dikecualikan dari larangan,” tuturnya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button