Nasional

Pesan Memakmurkan Masjid Dalam Peristiwa Besar Isra Miraj

INDOPOSCO.ID – Pesan utama peristiwa Isra’ dan Mi’raj Nabi Muhammad Saw yang diperingati setiap tanggal 27 Rajab, di antaranya ialah pesan kepada seluruh umat Islam agar menegakkan shalat, memakmurkan masjid, dan menguasai ilmu pengetahuan untuk kesejahteraan umat manusia.

“Nabi Muhammad dalam peristiwa mukjizat Isra dan Mi’raj didampingi Malaikat Jibril di malam hari dalam satu perjalanan fisik dan spiritual yang berlangsung secara kilat, dari Masjidil Haram di Mekkah ke Masjidil Aqsha di Baitul Maqdis, Palestina. Selanjutnya “naik” ke sidratul muntaha untuk audiensi kehadirat Allah. Di sanalah nabi menerima perintah mendirikan shalat lima waktu langsung dari Allah SWT,” terang Sekretaris Ditjen Bimas Islam M. Fuad Nasar dalam keterangannya, Rabu (10/3/2021).

Isra dan Mi’raj yang terjadi pada abad ke-7 Masehi, menurut Fuad, telah membuka horison perkembangan ilmu sejarah, fisika, antariksa, psikologi dan futurologi. Isra dan Mi’raj menginspirasi terbentuknya imajinasi penerbangan dan misi luar angkasa serta penemuan teknologi untuk mewujudkannya.

“Abbas ibnu Firnas (810 – 887) dicatat sebagai ilmuwan muslim dan first aviator penemu pembuatan konstruksi alat terbang bersayap menyerupai burung dan berhasil menerbangkannya di Cordoba, Spanyol pada abad ke-9. Ia terinspirasi dari kisah peristiwa Isra dan Mi’raj,” ungkapnya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button