Nasional

Antisipasi Kecurangan Pilkada, Apeksi Minta Gunakan IT Canggih

INDOPOSCO.ID – Dalam pelaksanaan pilkada serentak, Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) mengusulkan agar Pemerintah Pusat menggunakan sistem teknologi informasi (IT) yang canggih untuk efisiensi dan mengantisipasi potensi kecurangan

“Apeksi meminta Pemerintah Pusat melakukan sosialisasi secara masif untuk memberikan pemahaman tujuan pelaksanaan pilkada serentak serta bisa mengantisipasi potensi persoalan yang akan muncul,” ujar Ketua Apeksi periode 2021-2024 Bima Arya di Kota Bogor, Jawa Barat (Jabar), Senin (8/3/2021).

Wali Kota Bogor itu menambahkan, usulan terkait pelaksanaan pilkada serentak tersebut adalah salah satu dari beberapa rekomendasi yang dihasilkan Apeksi dalam rapat kerja di Kota Bogor, Sabtu (6/3/2021).

Bima Arya menjelaskan, Apeksi meminta pemerintah pusat bisa mengantisipasi persoalan yang akan muncul hingga edukasi dan sosialisasi secara masif agar publik mengetahui tujuan pelaksanaan pilkada serentak.

“Harus ada solusi bagi sumber daya manusia pada pelaksana pilkada serentak, jangan sampai ada lagi korban. Pemerintah juga harus menyiapkan sistem IT yang baik untuk efisiensi,” ujarnya dikutip Antara.

Tahapan pelaksanaan pilkada harus dihitung secara cermat, agar tidak ada benturan serta kekosongan pemerintahan. “Perlu ada sosialisasi yang masih untuk memberikan pemahaman kepada publik,” tandasnya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button