Nasional

Beri Kemudahan UMK-Koperasi, Pengadaan Barang dan Jasa Naik 6 Kali Lipat

INDOPOSCO.ID – Peran Usaha Mikro Kecil (UMK) dan Koperasi semakin ditingkatkan lagi dalam pengadaan barang dan jasa pemerintah. Sekarang, batasan paket pengadaan barang dan jasa pemerintah untuk UMK dan koperasi meningkat menjadi Rp15 miliar atau naik enam kali lipat dari sebelumnya hanya Rp2,5 miliar.

Hal itu tertuang dalam Peraturan Presiden (Perpres) No 12/2021 tentang Perubahan Perpres No 16/2018 Tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah. Perpres No 12/2021 berlaku mulai sejak ditetapkan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan diundangkan pada 2 Februari 2021.

”Terbitnya perpres yang merupakan aturan pelaksana dari UU Cipta Kerja akan memberikan kesempatan bagi UMK dan koperasi untuk berperan lebih besar dan luas dalam pengadaan barang dan jasa pemerintah,” ujar Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki dalam keterangannya, Sabtu (27/2/2021).

Batasan nilai Rp15 miliar ini sesuai dengan Perpres No 7/2021 tentang Kemudahan, Perlindungan, dan Pemberdayaan Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah yang telah menentukan tentang batasan hasil penjualan tahunan usaha kecil paling banyak Rp15 miliar.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button