Nasional

Tok Tok Tok! DPR Tetapkan Sembilan Anggota ORI 2021-2026

INDOPOSCO.ID – Sebanyak sembilan calon anggota Ombudsman RI (ORI) 2021-2026 hasil uji kepatutan dan kelayakan Komisi II DPR RI ditetapkan dalam Rapat Paripurna Ke-13 DPR RI Masa Persidangan III Tahun Sidang 2020-2021 di Senayan, Jakarta, Rabu (10/2/2021).

Persidangan dipimpin Sufmi Dasco Ahmad, wakil ketua DPR RI yang juga dihadiri Ketua DPR RI Puan Maharani dan Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin, Muhaimin Iskandar, dan Rachmat Gobel.

Sementara Ketua Komisi II DPR RI Ahmad Doli Kurnia menyebutkan satu per satu nama dari sembilan anggota baru ORI tersebut antara lain

1. Ketua: Mokh Najih, dosen Universitas Muhammadiyah Yogyakarta)
2. Wakil Ketua: Bobby Hamzar Rafinus, Aparatur Sipil Negara (ASN) Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian
3. Anggota: Dadan Suparjo Suharmawijaya, Anggota Ombudsman RI
4. Anggota: Hery Susanto, Direktur Operasional PT Grage Nusantara Global
5. Anggota: Indraza Marzuki Rais, Kepala SPI PT Perikanan Nusantara, Persero
6. Anggota: Jemsly Hutabarat, pegawai PT GMF Aeroasia
7. Anggota: Johanes Widijantoro, dosen Universitas Atma Jaya
8. Anggota: Robertus Na Endi Jaweng, peneliti KPPOD
9. Anggota: Yeka Hendra Fatika, Ketua Pusat Kajian Pertanian Pangan dan Advokasi Pataka.

Doli mengatakan, sembilan nama tersebut dipilih secara musyawarah mufakat, dari 18 calon anggota Ombudsman RI yang menjalani uji kepatutan dan kelayakan di Komisi II DPR RI pada 26 dan 27 Januari 2021.

“Penetapan melalui proses musyawarah mufakat yang dilakukan Komisi II DPR RI, di samping telah sesuai dengan tata tertib, juga didasari pada penilaian yang menyangkut visi dan misi, pengetahuan tentang Ombudsman dan pengetahuan tentang pelayanan publik. Selain itu juga setiap calon diharapkan memiliki pengalaman di bidang pelayanan publik, kepemimpinan, dan manajerial, serta integritas pribadi dari calon yang bersangkutan, juga terkait dengan independensi dari masing-masing calon,” ujarnya seperti dilansir Antara.

Menurut Doli, pelaksanaan uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test) oleh Komisi II DPR RI terhadap 18 nama calon Anggota Ombudsman RI didasari oleh dua hal.

Pertama, adanya Surat Presiden R-46/Pres/XII/2020 tanggal 2 Desember 2020, dan kedua, yaitu hasil rapat konsultasi Badan Musyawarah (Bamus) DPR RI pada 19 Januari 2021 yang menugaskan kepada Komisi II DPR RI untuk menggelar uji kepatutan dan kelayakan terhadap calon anggota Ombudsman masa jabatan 2021-2026.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button