Nasional

Indonesia Dapat 23 Juta Dosis Vaksin Covid-19 Gratis

INDOPOSCO.ID – Untuk mengatasi pandemi Covid-19, pemerintah kembali akan mendatangkan vaksin buatan AstraZeneca ke Indonesia pada kuartal I 2021 mendatang. Pembelian vaksin tersebut merupakan kerja sama multilateral Aliansi Vaksin Dunia (Global Alliance for Vaccine and Immunization/GAVI) COVAX Facility dengan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Menurut keterangan pers yang disampaikan Kemterian Kesehatan RI, Minggu (31/1/2021), surat dari GAVI 29 Januari 2021 mengonfirmasi indikasi alokasi vaksin gratis kepada Indonesia untuk tahap awal sekitar 13,7 juta hingga 23,1 juta dosis vaksin buatan AstraZeneca. ”Vaksin akan dikirim dua tahap yaitu pada kuartal I 2021 sebanyak 25-35 persen, dan kuartal II sebanyak 65-75 persen. Vaksin AstraZeneca ini bisa digunakan untuk memvaksinasi penduduk dengan usia 60 tahun ke atas,” kata juru bicara vaksin Covid-19 Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dr. Siti Nadia Tarmidzi.

Menurut Siti, kedatangan vaksin tersebut merupakan keberhasilan diplomasi pemerintah Indonesia melalui COVAX. Vaksin AstraZeneca adalah salah satu vaksin yang dapat digunakan pada usia 60 tahun ke atas. ”Kita ketahui kelompok ini memiliki angka kematian tertinggi,” kata Siti Nadia Tarmidzi.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button