Nasional

Menkeu Apresiasi Upaya Kolaborasi Bea Cukai dan LPEI Dorong Ekspor UMKM

indoposco.id – Berbagai kebijakan dan langkah nyata dalam rangka mendorong program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) telah dilakukan oleh pemerintah sepanjang 2020. Seperti yang telah dilakukan oleh Bea Cukai, diantaranya mengimplementasikan National Logistic Ecosystem (NLE), serta menggandeng Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) untuk meningkatkan ekspor pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).

Upaya mendorong PEN tersebut dijabarkan lebih lanjut oleh Kepala Kantor Wilayah Bea Cukai Jawa Tengah (Jateng) dan Daerah Istimewa Yogyajarta (DIY), Padmoyo Tri Wikanto, yang didaulat mewakili seluruh satuan kerja Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Regional Jawa dalam acara Dialog Tutup Tahun Anggaran 2020 Kemenkeu, Rabu (30/12/2020) secara daring.

“Langkah yang telah kami lakukan antara lain menjaga konsumsi dengan mempercepat dan penguatan subsidi dan bantuan sosial untuk masyarakat, mendorong investasi dengan insentif fiskal dan penyederhanaan perizinan, serta mendukung ekspor-impor dengan memberikan insentif perpajakan dan peningkatan percepatan layanan dengan implementasi NLE,” papar Padmoyo.

Dia juga menjelaskan, pihaknya telah menindaklanjuti arahan Menteri Keuangan (Menkeu) berkaitan dengan membangun sinergi dan kolaborasi di lingkungan kantor vertikal Kemenkeu bersama Special Mission Vehicle Kemenkeu, yaitu LPEI atau Indonesia Exim Bank untuk peningkatan ekspor pelaku UMKM.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button