Internasional

PM Inggris Tetap Bertahan meski Empat Menterinya Mundur

INDOPOSCO.ID – Perdana Menteri Inggris Boris Johnson bersikeras untuk tetap memegang kekuasaan pada Kamis usai empat orang menteri papan atas mengundurkan diri, sementara jaksa agung menyatakan harapannya agar Johnson mundur dan mengakui bahwa ia juga menginginkan jabatan PM Inggris.

Lebih dari 50 orang menteri telah mengundurkan diri dalam kurang dari 48 jam jam, dan
mengatakan bahwa Johnson tidak layak untuk memimpin usai dilanda sejumlah skandal, sementara puluhan di Partai Konservatif melakukan pemberontakan secara terbuka.

Sekretaris Irlandia Utara Brandon Lewis, menjadi menteri kabinet terbaru yang mengundurkan diri pada Kamis pagi, menyusul pengunduran diri dari para menteri keuangan, kesehatan, dan negara bagian Wales.

Berita Terkait

Baca Juga : PM Inggris Tunjuk Nadhim Zahawi Sebagai Menkeu Yang Baru

“Saya tidak dapat mengorbankan integritas pribadi saya untuk membela keadaan yang terjadi sekarang,” kata Lewis. “Sudah jelas bahwa partai kita, kolega-kolega parlemen, relawan, dan seluruh negara, pantas mendapatkan yang lebih baik.”

Jaksa Agung untuk Inggris dan Wales Suella Braverman mengatakan kepada ITV Rabu malam bahwa dia akan tetap menjabat tetapi akan mencalonkan diri dalam pencalonan kepemimpinan apa pun di masa depan.

“Saya pikir sudah tiba waktunya bagi perdana menteri untuk mundur,” katanya. “Jika ada kontes kepemimpinan, saya akan memasukkan nama saya.”

Delegasi menteri senior dan perwakilan anggota parlemen Konservatif yang tidak berada di pemerintahan menyambangi Downing Street untuk menemui Johnson pada Rabu malam untuk memberi tahu dia bahwa dia harus mundur dan membuat jalan keluar dengan cara yang bermartabat.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button