Internasional

KTT ASEAN Mengesahkan Rekomendasi Deklarasi Yang Diinisiasi Indonesia

INDOPOSCO.ID – Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN ke-38 dan ke-39 mengesahkan lima rekomendasi deklarasi, termasuk deklarasi tentang promosi daya saing, ketahanan, dan ketangkasan pekerja yang diinisiasi oleh Indonesia.

“Langkah ASEAN yang akan mengadopsi dokumen ASEAN Declaration on Promoting Competitiveness, Resilience, and Agility of Workers for the Future of Work ini sebagai salah satu capaian kerja sama sektor ketenagakerjaan ASEAN,” tutur Sekretaris Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan Anwar Sanusi dalam siaran pers seperti dikutip Antara, Jumat (5/11/2021).

Ia menerangkan, Keterangan ASEAN tentang Promosi Daya Saing, Ketahanan, dan Ketangkasan Pekerja untuk Menghadapi Masa Depan Kerja(ASEAN Declaration on Promoting Competitiveness, Resilience, and Agility of Workers for the Future of Work) merupakan dokumen hasil kepemimpinan Indonesia dalam Forum Menteri Tenaga Kerja ASEAN(ASEAN Labour Ministers Meeting/ALMM) periode 2020-2022.

“Dokumen deklarasi telah dibahas negara-negara anggota ASEAN dan disepakati untuk disahkan oleh para pemimpin ASEAN pada KTT ASEAN tahun 2021,” katanya.

Keterangan ASEAN tersebut mencakup pembangunan ketenagakerjaan di Asia Tenggara yang fokus pada menyesuaikan diri manusia terhadap transformasi dalam revolusi industri 4.0 dan tantangan yang muncul akibat pandemi Covid-19.

Para kepala negara ASEAN memercayakan kepada menteri-menteri tenaga kerja di kawasan untuk menerapkan keterangan dengan cara meningkatkan produktivitas tenaga kerja, merevitalisasi pasar kerja, dan memastikan penerapan kerja pantas di ASEAN.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button