Internasional

Tiongkok Balas Inggris, BBC World News Dilarang Mengudara

INDOPOSCO.ID – Bak balas dendam, Pemerintah Tiongkok mengeluarkan kebijakan balasan dengan melarang saluran televisi Inggris, BBC World News mengudara di Negeri Tirai Bambu. Kebijakan tersebut keluar setelah regulator media Inggris mencabut izin siaran televisi Pemerintah RRT (Republik Rakyat Tiongkok) sepekan lalu. Ini diungkap National Radio and Television Administration (NRTA) dalam rilis pada Jumat (12/2/2021)

Menjelang Tahun Baru Imlek, Pemerintah Tiongkok menyebutkan dalam penyelidikan ditemukan bahwa laporan terkait China oleh BBC World News ‘secara serius melanggar’ aturan, termasuk bahwa berita harus ‘jujur dan adil’, yang membahayakan kepentingan nasional China dan menggerogoti persatuan negara.

Dengan demikian, maka BBC tidak memenuhi syarat bagi saluran asing untuk mengudara di China dan permohonan izin untuk mengudara setahun lagi ditolak, tambahnya. Langkah Tiongkok langsung dikecam Menteri Luar Negeri (Melu) Inggris Dominic Raab, sedangkan pihak BBC mengaku ‘kecewa’ terhadap Pemerintah China.

”Keputusan RRT melarang BBC World News di daratan China merupakan pengekangan kebebasan media yang tidak dapat diterima. China memiliki beberapa pembatasan paling parah terhadap media dan kebebasan internet di seluruh dunia, dan langkah terbaru ini hanya akan mencoreng reputasi China di mata dunia,” tegas Raab seperti dilansir Reuters melalui Antara.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button