Internasional

18 ABK WNI yang Tenggelam di Mozambique Belum Bisa Pulang. Kok?

INDOPOSCO.ID – Sebanyak18 nelayan Indonesia yang kapalnya tenggelam di Pelabuhan Beira akhirnya berhasil diamankan oleh Kedutaan Besar RI (KBRI) Maputo. Dalam proses penjemputan itu, dibutuhkan sekitar 18 jam perjalanan darat dari Ibu Kota Mozambique.

Ke-18 nelayan tersebut merupakan awak buah kapal (ABK) M/V Win Far 61, Mang Ching Shyang No 6, dan Mang Ching Shyang No 66 milik perusahaan penangkap ikan Taiwan yang tenggelam di Pelabuhan Beira. Kapal tersebut diterjang badai taifun Eloise yang melanda wilayah di Provinsi Sofala, Mozambique, pada 22 Januari 2021.

Ivan Polontalo, staf Satuan Tugas (Satgas) Pelindungan WNI KBRI Maputo yang bertemu dengan para ABK di Beira menyatakan bahwa mereka saat ini dalam keadaan sehat dan masih diberi akomodasi oleh perwakilan pemilik kapal, hingga menunggu proses pemulangan ke Indonesia.

”Proses pemulangan para ABK WNI saat ini masih terkendala oleh pihak Imigrasi di Provinsi Sofala, Mozambique. Soalnya paspor-paspor mereka ditahan sampai kapal yang tenggelam tersebut dapat diangkat dari Pelabuhan Beira,” ujarnya seperti dilansir Antara dalam keterangan tertulis KBRI Maputo, Jumat (12/2/2021).

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button