Headline

Anies Singgung Independensi, Politisasi Bansos hingga Intervensi di Sidang MK

INDOPOS.CO.ID – Calon Presiden Anies Baswedan meragukan pelaksanaan pemilihan presiden (Pilpres) 2024 memenuhi asas langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil (Luber-Jurdil). Justru pesta demokrasi 5 tahunan kali ini dinilainya jauh dari asas tersebut.

“Apakah Pilpres 2024 kemarin, telah dijalankan secara bebas, jujur dan adil? Izin kami menyampaikan jawabnya, tidak. Yang terjadi sebaliknya dan ini terpampang secara nyata di hadapan kita semua,” kata Anies dalam sidang gugatan sengketa hasil Pilpres 2024 di hadapan delapan hakim MK, Jakarta, Rabu (27/3/2024).

Semua pihak menyaksikan dengan keprihatinan mendalam, serangkaian penyimpangan yang telah mencoreng integritas proses demokrasi di Tanah Air. Mulai hilang independensi, dugaan politisasi penyaluran bantuan sosial hingga intervensi.

“Indepensensi yang seharusnya menjadi pilar utama dalam penyelanggaraan Pemilu, telah tergerus akibat intervensi kekuasaan yang tidak seharusnya terjadi,” ucap Anies.

Sehingga terkesan menabrak-nabrak peraturan konstitusi. Terutama ketika meloloskan salah satu pihak menjadi peserta Pilpres 2024.

1 2Laman berikutnya
mgid

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button