Headline

Pakar Transportasi Nilai Tepat Hibah Jalan Nasional Kepada DKI

INDOPOSCO.ID – Pakar transportasi dari Institut Teknologi Bandung (ITB) Sony Sulaksono Wibowo menilai hibah jalan nasional senilai Rp217 triliun dari pemerintah pusat pada Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta sudah tepat.

Mengingat, kata Sony, kemampuan keuangan DKI Jakarta yang mumpuni, seperti Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) DKI Jakarta pada 2023 memiliki nilai Rp83,7 triliun lebih.

“Hibah ini kan sebenarnya pindah kantong, yang sebelumnya di kantong pusat, sekarang pindah ke kantong daerah,” kata Sony saat dihubungi di Jakarta, Jumat.

Pertanyaannya, kata dia, sanggup-tidak DKI memelihara kualitas jalan sesuai standar yang biasa pusat lakukan. “Kalau kita lihat APBD DKI gak masalah dan ini pasti sudah melalui berbagai kajian,” katanya.

Hibah aset jalan ini juga akan mengurangi beban pemerintah pusat dalam pengeluaran dana APBN tahunan dan dialokasikan pada kebutuhan lainnya.

“Pengalihan pengelolaan jalan nasional yang ada di Jakarta untuk dikelola Pemerintah Provinsi DKI adalah untuk mengurangi beban pemerintah pusat sehingga keuangan pusat bisa lebih dialokasikan dari yang semula untuk jalan-jalan nasional, bisa dipakai untuk yang lain,” kata Sony.

Baca Juga: DPRD Minta Pemprov DKI Optimalkan Pajak Terkait Hibah Aset Jalan

Beralihnya pengelolaan jalan nasional dari pemerintah pusat ke Pemprov DKI Jakarta, kata Sony, juga akan bisa berperan dalam penuntasan masalah kemacetan Jakarta karena hambatan yang ditemui selama ini yakni terkait status jalan, tidak akan terjadi.

“Kalau kita melihat masterplan Jakarta seharusnya bisa (menyelesaikan kemacetan) karena kalau kita melihat masterplan Jakarta itu, Jakarta akan mengonversikan banyak ruas jalan menjadi jalur angkutan umum. “Nah itu kan selama ini terkendala karena status jalan,” ucapnya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button