Headline

Defisit Anggaran 2022 Dipastikan Tidak Capai Target

INDOPOSCO.ID – Realisasi defisit anggaran pada akhir tahun ini dipastikan tidak akan mencapai target yang sudah ditetapkan.

“Kita perkirakan akan lebih rendah dari 3,9 persen PDB, sehingga akan menjadi bekal yang sangat baik dan tepat memasuki 2023,” kata Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati di Jakarta, Kamis (3/11), seperti dikutip dari Antara.

Ia mengatakan penerimaan negara yang terus membaik hingga akhir tahun menjadi salah satu alasan defisit anggaran akan jauh di bawah target dalam Perpres 98/2022 sebesar 4,5 persen produk domestik bruto (PDB).

Defisit pun tetap diproyeksikan rendah meski realisasi belanja pemerintah sebanyak 40 persen akan meningkat pada triwulan IV, seiring dengan makin dekatnya akhir tahun anggaran.

“Defisit secara keseluruhan sudah pasti turun jauh dari (target) Perpres, tapi kita lihat sejauh mana penurunan indikatif dari akhir tersebut,” katanya.

Hingga September, Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) bahkan masih tercatat surplus sebesar Rp60,9 triliun atau 0,33 persen terhadap PDB. Surplus ini mengecil dibandingkan periode Agustus, tapi lebih baik dari September tahun lalu yang tercatat defisit Rp451,9 triliun.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button