Headline

Jamaah Ponpes di Jember, Jatim Puasa Lebih Awal

INDOPOSCO.ID – Jamaah Pondok Pesantren Mahfilud Duror di Kabupaten Jember, Jawa Timur (Jatim) menjalankan puasa lebih awal pada Jumat dan sebelumnya sudah menjalankan ibadah shalat tarawih pada Kamis (31/3/2022) malam.

“Mulai hari ini (Jumat, 1/4/2022) kami menjalankan ibadah puasa Ramadhan 1443 Hijriah,” kata Pengasuh Ponpes Mahfilud Duror KH Ali Wafa di Desa Suger Kidul, Kecamatan Jelbuk, Kabupaten Jember.

Menurutnya penentuan awal puasa di Pesantren Mahfilud Duror berdasarkan kitab salaf Nushatul Majaalis wa Muntahobul Nafaais yang diterapkan sejak tahun 1826, sehingga tidak menggunakan metode hisab dan rukyat seperti yang dilaksanakan pemerintah dan Muhammadiyah.

“Penetapan awal puasa berdasarkan keyakinan yang menggunakan acuan sistem khumasi (dari Bahasa Arab artinya lima/khomsatun) yang berdasarkan pada kitab Nushatul Majaalis karangan Syeh Abdurrohman As Shufuri As Syafi’i yang sudah dijalankan ratusan tahun yang lalu,” katanya.

Ia menjelaskan sistem penghitungan khumasi yakni penentuan awal puasa tahun ini bisa dengan cara menghitung lima hari dari awal puasa tahun sebelumnya, sehingga tahun depan juga sudah bisa ditentukan kapan mulai menjalankan jamaah di pesantren yang berada di perbatasan Kabupaten Jember dan Bondowoso itu menjalankan ibadah puasa.

“Awal Ramadhan tahun lalu jatuh pada Senin, sehingga tahun ini awal puasa dihitung lima hari mulai Senin, Selasa, Rabu, Kamis, dan hari Jumat ditentukan sebagai awal Ramadhan tahun ini,” tuturnya dilansir Antara.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button