Headline

Ada Bibit Siklon Tropis di Barat Daya Banten, Waspada Cuaca Ekstrem 7 Hari ke Depan

INDOPOSCO.ID – Waspada potensi cuaca ekstrem berupa hujan sedang-lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang serta gelombang tinggi hingga tujuh hari ke depan. Pernyataan tersebut diungkapkan dari laman resmi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Selasa (8/2/2022).

Deputi Bidang Meteorologi Guswanto mengatakan, di sebagian besar wilayah Indonesia terdapat peningkatan curah hujan. Hal ini dipicu oleh peningkatan aktivitas dinamika atmosfer, seperti aktifnya Madden Julian Oscillation (MJO) dan fenomena gelombang atmosfer, yaitu gelombang Kelvin dan Rossby Ekuatorial.

“Jakarta Tropical Cyclone Warning Center (TCWC) BMKG tengah memantau pertumbuhan Bibit Siklon Tropis 93S yang terbentuk di sekitar Samudra Hindia sebelah barat daya Banten atau tepatnya di 13.8°LS 105.5°BT,” katanya.

Menurut dia, bibit siklon tersebut memiliki kecepatan angin maksimum di sekitar sistemnya mencapai 30 knot (56 km/jam) dan tekanan udara minimum di sekitar pusat sistem mencapai 1000 hPa.

“Sistem Bibit Siklon 93S bergerak ke arah selatan menjauhi wilayah Indonesia. Dalam periode 24 jam ke depan masih berada pada kategori sedang untuk menjadi sistem Siklon Tropis,” terangnya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button