Headline

Hari Kesaktian Pancasila Ingatkan WNI Agar Waspada Ideologi Lain

INDOPOSCO.ID – Direktur Standarisasi Materi dan Metode Aparatur Negara Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Aris Heru Utomo menjelaskan kalau Hari Kesaktian Pancasila mengingatkan warga negara Indonesia (WNI) agar selalu waspada pada ideologi lain.

“Peringatan Hari Kesaktian Pancasila setiap 1 Oktober dimaksudkan untuk mengingatkan masyarakat agar selalu waspada terhadap gerakan- gerakan untuk mengganti Pancasila dengan ideologi lain,” tutur Aris pada saat dihubungi oleh Antara dari Jakarta, Jumat (1/10).

Seperti yang terjadi pada 1948 dan 1965 oleh Partai Komunis Indonesia (PKI), tutur Aris melanjutkan. Hari Kesaktian Pancasila mengingatkan WNI bahwa ujian untuk mengganti ideologi Pancasila tidak akan pernah hilang, datang dari serangkaian peristiwa yang bertubi-tubi serta bisa datang dari mana pun dan dari siapa pun.

Ujian yang saat ini melanda masyarakat Indonesia, bagi Aris, adalah pandemi Covid-19 dan ideologi transnasional.

Berdasarkan pandangan dia, Covid-19 menguji daya juang, pengorbanan, kedisiplinan, kepatuhan, dan ketenangan masyarakat serta pemerintah dalam mengambil kebijakan yang cepat serta tepat.

“Kita bersyukur ada Pancasila yang tetap menjadi bintang penuntun untuk menjaga persatuan, mengatasi semua tantangan, menegakkan keadilan, memperkokoh persaudaraan, dan bergotong royong untuk meringankan penderitaan korban pandemi,” ujar ia.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button