Headline

Transaksi Sektor Kesehatan di Indonesia Menembus Rp490 Triliun

INDOPOSCO.ID – Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin mengemukakan nilai transaksi sektor kesehatan di Indonesia menembus nominal Rp490 triliun dalam kurun setahun terakhir.

“Saya juga baru mempelajari kalau total pengeluaran untuk sektor kesehatan, baik yang dilakukan oleh individu, perusahaan swasta, perusahaan Badan Usaha Milik Negara( BUMN), pemerintah daerah serta pemerintah pusat berkisar di angka Rp490 triliun setahun ini,” tutur Budi Gunadi Sadikin saat hadir secara virtual dalam Forum Nasional Kemandirian serta Ketahanan Industri Alat Kesehatan di kanal YouTube Kemenkes RI yang dipantau dari Jakarta, Senin (30/8).

Budi mengatakan pengeluaran yang paling besar digunakan untuk membayar layanan kesehatan yang diberikan oleh dokter ataupun menggunakan alat kesehatan.

Menurut Budi situasi itu menggambarkan betapa besarnya potensi usaha serta bisnis di sektor kesehatan yang saat ini bergulir di Indonesia.

“Sangat sayang apabila potensi bisnis ini terjadi tanpa membangun kapasitas manufaktur ataupun pembuatan industri dalam negeri khususnya di sektor kesehatan tanpa membuka kesempatan bagi tenaga tenaga kerja Indonesia bagi pengusaha asli Indonesia untuk bisa berusaha di sektor kesehatan ini,” tuturnya.

Dalam 5 tahun terakhir sejak Presiden Joko Widodo mengeluarkan Instruksi Presiden (Inpres) tentang produksi alat kesehatan dalam negeri, tutur Budi, Kemenkes telah mengeluarkan total 9. 400- an izin edar untuk produk kesehatan produksi dalam negeri. Jumlah itu meningkat dari sebelumnya berkisar 2.300-an izin edar.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button