Headline

Program Prakerja Dinilai Tak Efektif Atasi Pengangguran

INDOPOSCO.ID – Pemerintah kembali membuka pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 19. Program itu awalnya diprioritaskan pencari kerja usia muda. Kini dapat meringankan pekerja korban pemutusan hubungan kerja (PHK).

Pengamat Kebijakan Publik dari Universitas Trisakti Dr Trubus Rahardiansyah mengatakan, program kartu prakerja tidak efektif atasi pengangguran, yang jumlahnya kian meningkat.

Berdasarkan laporan Badan Pusat Statistik bahwa, tingkat pengangguran terbuka (TPT) Februari 2021 sebesar 6,26 persen. Angka itu meningkat sebanyak 2,61 juta orang dari Agustus 2020.

“Prakerja tidak efektif karena jumlah pengangguran terus membengkak. Jumlah pengangguran sudah 6 juta,” kata Trubus melalui gawai di Jakarta, Sabtu (28/8/2021).

Belum lagi soal penyerapan tenaga pekerja yang dihasilkan dari program tersebut. Justru pelatihan dalam kartu prakerja tidak dapat diaplikasikan di tempat kerja atau usaha.

Mengingat keberadaan program tersebut diluncurkan di tengah pandemi Covid-19. Meski memberikan bantuan dan perlindungan bagi mereka yang terdampak secara sosial dan ekonomi.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button