Headline

48 Hakim ‘Nakal’ Kena Sanksi, Terlama Dua Tahun

INDOPOSCO.ID – Sebanyak 48 hakim terbukti melanggar Kode Etik dan Pedoman Perilaku Hakim (KEPPH) pada kuartal pertama 2021. Akibatnya, para hakim ‘nakal’ tersebut dijatuhi sanksi mulai dari ringan, sedang, berat oleh Komisi Yudisial (KY) RI.

Hakim yang terbukti melanggar KEPPH diberikan sanksi sesuai pelanggaran yang dilakukan dengan rincian 36 hakim dijatuhi sanksi ringan, 10 hakim sanksi sedang dan dua hakim dijatuhi sanksi berat. Rekomendasi sanksi selanjutnya disampaikan kepada Mahkamah Agung (MA) untuk implementasi pelaksanaan sanksi.

“Sanksi ringan berupa teguran lisan untuk enam hakim, teguran tertulis untuk 11 hakim, dan pernyataan tidak puas secara tertulis untuk 19 hakim,” ujar Sukma Violetta, ketua Bidang Pengawasan Hakim dan Investigasi KY di Jakarta, Senin (3/5/2021).

Untuk sanksi berat, lanjut dia, KY memutuskan dua orang hakim dijatuhi sanksi nonpalu lebih dari enam bulan dan paling lama dua tahun. “Tapi pelaksanaan pengenaan sanksi KY ini seringkali terhambat karena MA tidak sepenuhnya menindaklanjuti putusan dan adanya tumpang tindih tugas,” tandasnya.

Adapun 23 usulan sanksi sampai saat ini belum mendapat respon dari MA tentang bagaimana pelaksanaan riil dari sanksi tersebut. Untuk 25 putusan yang tersisa, KY masih melakukan proses minutasi putusan.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button