Headline

Gara-Gara Ada ‘Tikus’, KPK Perbaiki Sistem Keamanan BB

INDOPOSCO.ID – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan memperbaiki sistem pengamanan terhadap barang bukti (BB) lantaran adanya ‘tikus’ di dalam gedung. Sejauh ini pengamanan di lembaga antirasuah sudah super ketat melalui mekanisme tiga lapis, tapi kok bisa bobol?

Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Nurul Ghufron merespons soal pencurian barang bukti berupa emas batangan seberat 1,9 kilogram oleh seorang pegawai KPK berinisial IGAS. Sebagian emas tersebut sempat digadaikannya untuk keperluan membayar utang. “Di KPK memang selama ini untuk masuk itu ada tiga lapis,” katanya di Gedung KPK, Jakarta, Jumat.

Ia menjelaskan, IGAS merupakan petugas di lapis pertama karena yang bersangkutan merupakan anggota satuan tugas (satgas) yang ditugaskan menyimpan dan mengelola barang bukti pada Direktorat Pengelolaan Barang Bukti dan Eksekusi (Labuksi) KPK.

Namun untuk lapis selanjutnya, ungkap Ghufron, terdapat kunci yang disimpan oleh pegawai lainnya. IGAS diduga mencuri kunci dari tas pegawai tersebut untuk dapat mengaksesnya.

“Tetapi untuk tahap berikutnya pakai kunci yang ada di tangan orang lain (anggota satgas lain, red). Kunci itu ada tas orang lain dan diambil dia (IGAS, red). Pemegang kunci tersebut sudah merasa akrab, jadi tidak merasa curiga,” jelasnya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button