Headline

Duh…Giliran Pulau Tangkong Lombok Dilego via Situs Online

INDOPOSCO.ID – Penjualan pulau kembali terjadi. Kali ini, lokasinya di Kecamatan Sekotong Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat (NTB). Pulau atau Gili Tangkong diduga dilego atau dijual secara online melalui situs Private Island Online ke investor dalam perusahaan atau pribadi. Ini terpantau dalam laman web : https://www.privateislandsonline.com/asia/indonesia/gili-tangkong-island. Ironisnya, pemerintah setempat belum mengetahui penjualan pulau tersebut.

Sampai Minggu (7/2/2021) malam laman web tersebut masih aktif, dan Gili Tangkong tercatat sebagai ‘private land for sale’. Bagi yang berminat, situs menyediakan laman pelajari lebih lanjut, yang menyertakan kolom identitas calon pembeli, alamat surel, dan nomor kontak yang bisa dihubungi.

Yusron Hadi, kepala Dinas Kelautan dan Perikanan NTB mengaku belum mendapatkan informasi bahwa salah satu pulau eksotik di Pulau Lombok tersebut diperjualbelikan di salah satu situs internet terkemuka.

”Jika kita lihat luas lahan Gili Tangkong ini 28 hektare (ha), kalau ada iklan 17 are barangkali itu dijual lahan di dalamnya, bukan pulaunya,” ujarnya kepada Antara saat dihubungi melalui telepon dari Mataram, Minggu (7/2/2021) malam.

Menurut Yusron, jika terkait lahan maka kewenangannya ada di kabupaten atau kota, sedangkan wilayah laut 0-12 mil di atur kewenangannya di provinsi. “Kalau dijual atau di sewa kita belum dapat informasinya tetapi terkait lahan pulau-pulau kecil masih kewenangan pengelolaan di kabupaten, sedangkan wilayah lautnya 0-12 mil kewenangan provinsi,” tandasnya.

Disinggung apakah lahan yang dijual di dalam kawasan Gili Tangkong tersebut adalah milik Pemerintah Provinsi (Pemprov) NTB? Yusron mengaku tidak tahu persis. Meski demikian, pihaknya akan mengkoordinasikan terlebih dahulu dengan Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) NTB.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button