Gaya Hidup

Tips Sehat Agar Kulit Sehat saat Menggunakan Masker Wajah

INDOPOSCO.ID – Di masa Pandemi Covid-19, menggunakan masker wajah merupakan hal wajib sebagai langkah protokol kesehatan guna menghindari terpaparnya virus Corona. Namun penggunaan masker yang tidak tepat kerap memicu timbulnya masalah pada kulit. Sebagian dapat mengalami iritasi, berupa ruam kemerahan bahkan menimbulkan jerawat di kulit wajah, khususnya di area penggunaan masker.

Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin dari Siloam Hospitals Sriwijaya, dr. Inda Astri Aryani, Sp.KK mengatakan, jerawat yang timbul, akibat adanya peradangan kelenjar minyak di wajah yang disebabkan bakteri.

“Biasanya terjadi pada orang yang kulitnya rentan atau sensitif, terutama pada bagian wajah,” tutur dr. Inda, melalui edukasi kesehatan Live On Instagram di Palembang, Kamis (6/5/2021)

Berita Terkait

Dia menjelaskan, terjadinya iritasi akibat tersumbatnya kelenjar minyak yang seharusnya keluar melalui pori kulit. Karena penggunaan masker dan terjadi akibat gesekan yang berulang pada wajah di area batas masker.

“Hal ini bisa terjadi pada saat hembusan nafas yang tertahan dan tidak langsung keluar pada area masker,” imbuhnya.

Menurut dr. Inda, sebagian besar pasien yang datang umumnya dengan keluhan pada bagian wajah akibat penggunaan masker. Untuk itu perlu diperhatikan dalam pemakaian masker yang tepat.

“Pastikan memilih masker dengan bahan yang pas dan nyaman serta terbuat dari bahan yang tidak membuat sulit untuk bernafas,” jelasnya.

Setiap 4 Jam Ganti Masker bagi Kulit yang Sensitif

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button