Gaya Hidup

Waspada, ini Penyakit Penyebab Kematian Tertinggi di Dunia

INDOPOSCO.ID – Penyakit jantung koroner (PJK) merupakan salah satu penyakit yang tidak boleh diabaikan. Karena, penyakit ini merupakan salah satu penyebab kematian tertinggi di dunia. Terlebih di tengah pandemi Covid-19 saat ini.

Pada tahun 2015, tercatat lebih dari 7 juta orang meninggal karena penyakit ini. Sedangkan di Indonesia, lebih dari 2 juta orang terkena penyakit ini di 2013. Tanda-tanda PJK itu meliputi sering merasa capek atau kelelahan tanpa sebab, gampang merasa pusing saat berdiri atau melakukan aktifitas seperti biasa, nyeri dada (angina), serta keringat dingin dan mual.

Dokter Spesialis Jantung Siloam Hospitals Sriwijaya, dr. Arief Aji Subakti SpJP FIHA Cardiologist mengatakan, PJK merupakan kondisi ketika pembuluh darah jantung (arteri koroner) tersumbat oleh timbunan lemak. Lemak semakin bertumpuk, arteri akan semakin menyempit. Efeknya  membuat aliran darah ke jantung berkurang.

“Seiring berkurangnya aliran darah ke jantung, akan memicu gejala PJK, seperti nyeri dada, dan sesak napas. Bila kondisi tersebut tidak segera ditangani, arteri akan tersumbat sepenuhnya sehingga memicu serangan jantung,” jelas dia, dalam Webinar Health Talk tentang pencegahan dan penanggulangan penyakit jantung koroner (PJK) di Palembang, Sabtu (6/2/2021).

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button