Gaya Hidup

Faunaland Ancol Perkenalkan Burung Predator Terbesar di Indonesia

INDOPOSCO.ID – Faunaland Ancol akan memperkenalkan satwa baru seekor burung predator terbesar di Indonesia, yakni Rajawali Papua (Harpyopsis novaeguinea) dengan jenis kelamin betina. Satwa ini hanya dapat ditemukan di mini zoo, di kawasan ruang terbuka hijau Allianz Ecopark, Taman Impian Jaya Ancol.

Burung predator yang mempunyai nama lain Harpy Papua (Papuan Harpy Eagle) adalah satwa endemik pulau Papua, yang hanya terdapat di Provinsi Papua dan Papua Nugini. Harpy Papua merupakan burung harpy kedua terbesar di dunia setelah American Harpy Eagle (Harpia harpija) dari subfamili Harpinae dan satu-satunya jenis Elang Harpy yang ada di Benua Asia.

Burung yang diberi nama Tera ini, merupakan hasil penyerahan masyarakat dan diserahkan ke lembaga konservasi Faunaland Ancol untuk dirawat dan di konservasi. Satwa tersebut masih tergolong berusia remaja (mid-juvenile) namun sudah memiliki bobot 3,8 kilogram (kg) dan diperkirakan bisa mencapai 4,5 kg saat dewasa. Sebab rata-rata jenis burung ini memiliki panjang badan (kepala sampai ekor) hampir 1 meter dengan bobot 2,5 – 2,8 kg untuk jenis kelamin jantan dan 3 – 4,5 kg untuk betina.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button