Ekonomi

Investasi SDM Berkualitas Jadi Hal Krusial di Kepulauan

INDOPOSCO.ID – Investasi sumber daya manusia (SDM) berkualitas di wilayah kepulauan menjadi hal krusial yang harus diperhatikan. Gambaran itu terlihat jelas tatkala banyak daerah yang tak mampu memanfaatkan kekayaan alamnya untuk kesejahteraan masyatakat.

Sebut saja Nias Barat, yang kekayaan alam laut nya melimpah, perkebunan dan pertaniannya sangat potensial, tapi angka kemiskinan mencapai 25 persen, pada 2020. Keironisan itu terjadi karena minimnya SDM berkualitas yang mampu memanfaatkan potensi alamnya.

“Kami akui, sumber daya manusia lokal berkualitas yang bisa memanfaatkan kekayaan alam belum ada. Maka itu, kami berupaya untuk mencarikan solusi dengan menyekolahkan putra-putri kami ke berbagai perguruan tinggi negeri atau swasta untuk menimba ilmu, supaya kami bisa memanfaatkan sumber daya alam untuk mengubah nasib generasi di Nias Barat ini,” kata Bupati Nias Barat, Khenoki Waruwu ketika menerima informasi Universitas Parahyangan Bandung dan Institut Seni Indonesia Surakarta akan menindaklanjuti kerja sama dengan Pemkab Nias Barat 2024 mendatang.

Senada dengan Bupati Nias Barat, Kepala Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga Nias Barat, April Imelda Juita Hia sudah beberapa perguruan tinggi yang dijajaki kerjasama agar putra-putri Nias Barat bisa mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Dalam mengembangkan dan memaksimalkan hasil alam kedepan.

“Tidak saja untuk kerja sama eksplor hasil alam, kami juga ingin menjalin kerja sama untuk memajukan kesenian dan kebudayaan yang merupakan identitas daerah. Sebab selama ini kesenian dan kebudayaan di Kabupaten Nias Barat belum tereksplor dengan maksimal. Hal inilah yang mendasari kegiatan door to door yang kami lakukan,” ungkap wanita yang akrab disapa Imelda, yang pada kesempatan ini menjajaki kerjasama dengan Universitas Parahyangan Bandung pada Selasa (7/11/2023), dan ISI Surakarta Kamis (9/11/2023).

niascoco
Kunjungan Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga Nias Barat, April Imelda Juita Hia dan Rombongan ke Universitas Parahyangan, Bandung. (Dok Pemkab Nias Barat)

1 2Laman berikutnya
mgid

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button