Ekonomi

Investasi SDM Berkualitas Jadi Hal Krusial di Kepulauan

Pada ke dua kampus yang didatanginya Imelda berharap banyak agar mampu mendukung pemerintah daerah dalam mencetak generasi penerus daerah yang siap untuk membangun Nias Barat.

“SDM kami itu perlu sekali diedukasi, mendapat pengalaman, agar bisa mengubah nasib. Karena kami juga gak senang dengan predikan angka kemiskinan yang tinggi, sementara perkebunan, pertanian dan perikanan kami luas. Kesenian dan budaya kami pun kaya, tapi kami perlu dibina dan diarahkan, makanya kami tak segan datang ke daerah yang sudah lebih maju agar kami pun bisa ikutan maju,” beber Imelda.

Pada saat kunjungan ke ISI Surakarta, Imelda dan rombongan dari Nias Barat diterima oleh Prof. Dr. Bambang Sunarto, S.Sen., M.Sn, Wakil Rektor Bidang Akademik ISI Surakarta. Pihaknya mengucapkan terima kasih atas kepercayaan dan kerja sama yang akan terjalin dengan ISI Surakarta.

“Kami berharap kita akan menjalin kerja sama pengiriman putra daerah untuk melakukan studi di ISI Surakarta melalui jalur Seleksi Mandiri. Kami sangat berbahagia apabila ada stakeholder yang berkeinginan menjalin kerja sama dengan ISI Surakarta, harapannya dapat ditindaklanjuti dengan penandatanganan MoU antara Bupati Kabupaten Nias Barat dengan Rektor ISI Surakarta, dan sekaligus kedepannya diharapkan akan ada tindak lanjut maupun penganggaran di tahun depan,” ucap Prof Bambang.

Pada kesempatan yang sama, Eko Supriyanto, Ketua PUI-PT CARE ISI Surakarta menyampaikan kalau ISI Surakarta telah memiliki sejumlah kolaborasi dengan berbagai daerah di Indonesia. ISI Surakarta memiliki PUI PT CARE yang merupakan satu-satunya di Indonesia. Pengembangan kawasan dan inovasi daerah merupakan target dari ISI Surakarta dan diantaranya daerah yang telah bekerja sama yaitu: Maluku Utara, NTT, Belu, Kupang, Jateng (seperti Blora, Ponorogo, dan Banyuwangi).

“ISI Surakarta sangat mengamini potensi-potensi daerah, dan dengan senang hati melakukan pendampingan pemajuan seni dan kebudayaan daerah sebagai sebuah diskursus yang lebih luas atau lebih tepatnya adalah empowering culture,” ujar Eko seraya mengisahkan dinamika dan awal mula pertemuan dengan Kabupaten Nias Barat, mulai dari cerita perihal kurasi Tari dalam persiapan acara HUT RI Kemerdekaan RI pada 2023 ini di Istana Negara pada Agustus lalu. (ney)

Laman sebelumnya 1 2
mgid

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button