Ekonomi

Dominasi Investor Pasar Modal, Dari Milenial ke Generasi Z

INDOPOSCO.ID – Generasi Z –kelahiran 1995-2010– dengan usia di bawah 30 tahun mendominasi investor pasar modal saat ini dengan persentase mencapai 59,72 persen. Dominasi sebelumnya berada di kalangan milenial, namun setelah adanya pandemi Covid-19 justru bergeser ke generasi Z.

“Dari fenomena ini artinya literasi akan lebih gencar diberikan ke kalangan generasi Z karena saat ini juga banyak investasi ilegal,” ujar Kepala Kantor Perwakilan Bursa Efek Indonesia (BEI) Sumatera Selatan (Sumsel) Hari Mulyono di Palembang, Minggu (31/7/2022).

Berdasarkan data BEI disebutkan dominasi kedua untuk investor pasar modal yakni kalangan milenial usia 31-40 tahun (21,92 persen), usia 41-50 tahun (10,53 persen), 51-60 tahun (5,08 persen) dan lebih dari usia 60 tahun (2,75 persen).

Ia mengatakan, memaksimalkan potensi tersebut, BEI telah memiliki strategi edukasi 3P (Paham, Punya dan Pantau) terutama untuk memberikan edukasi terkait pasar modal kepada kalangan milenial dan Generasi Z.

Sebelum melantai di bursa sepatutnya calon investor paham mengenai pasar modal. Berdasarkan hasil riset BEI, terdapat beberapa kesalahan pemula (12-18 bulan masa menjadi investor) di antaranya, menggunakan sumber dana dari utang, mengambil keputusan tanpa pertimbangan yang matang atau sekadar ikut-ikutan, menelan rekomendasi mentah-mentah dan mengalami panik saat harga saham turun.

Kemudian, investor “muda’ tidak mempunyai rencana, tidak mau upgrading diri dan tidak mendiversifikasi investasi.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button