Ekonomi

Pengamat Apresiasi Efisiensi Pertamina Ketika Harga Minyak Naik

INDOPOSCO.ID – Direktur Eksekutif Institute for Essential Services Reform (IESR) Fabby Tumiwa menyatakan efisiensi ketat yang dilakukan PT Pertamina (Persero) dalam menyikapi lonjakan harga minyak dunia merupakan hal yang positif.

Menurut dia, efisiensi memang harus dimaksimalkan untuk menekan biaya produksi dan potensi kerugian BUMN tersebut.

“Dalam kondisi sekarang, di mana Pertamina belum menyesuaikan beberapa harga produk BBM, di tengah kenaikan harga crude oil, maka langkah-langkah yang dilakukan Pertamina, termasuk efisiensi patut mendapat apresiasi,” katanya di Jakarta, Senin (14/3/2022).

Langkah-langkah tersebut antara lain ketika Pertamina terus melakukan efisiensi secara menyeluruh di semua aspek bisnis, dari hulu sampai hilir, melakukan reformasi business model dan operating model termasuk prioritasi investasi dan strategi optimasi kas internal, optimalisasi digital transformation dan new ways of working.

Selain itu, tambahnya, juga terkait upaya Pertamina dalam menekan biaya produksi BBM dalam negeri dimana perusahaan memaksimalkan penggunaan minyak mentah domestik dan dan mengoptimalkan penggunaan gas alam untuk penghematan biaya energi.

Baca Juga: Kilang Pertamina di Kota Balikpapan Terbakar, Api Akhirnya Bisa Dijinakkan

Termasuk paralel, ketika dilakukan juga peningkatan produksi kilang untuk produk yang bernilai tinggi.

Namun demikian, menurut Fabby, bahwa efisiensi juga ada batasnya, terlebih saat ini, ketika harga minyak dunia terus melambung yang membuat BUMN energi itu mendapat tekanan berat.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button