Ekonomi

Erick Thohir: BUMN Komit Lakukan Hilirisasi Batu Bara

INDOPOSCO.ID-Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menegaskan BUMN berkomitmen penuh dalam melakukan akselerasi proyek hilirisasi batu bara menjadi dimetil eter atau gasifikasi batu bara.

BUMN mendukung penuh arahan Presiden Joko Widodo yang terus mendorong gasifikasi baru bara. Hal ini bertujuan demi mengurangi ketergantungan pada impor elpiji dan penguatan energi hijau Indonesia,” ucap Erick dalam keterangannya di Jakarta, Senin.

Erick mengaku terus mendorong BUMN meningkatkan hilirisasi supaya kekayaan sumber daya alam yang dipunyai Indonesia malah tidak menjadi bahan bagi pertumbuhan negara lain.

Dia mengatakan negara-negara Asia Tenggara lain telah melakukan ekspor barang yang memiliki nilai tambah yang lebih tinggi dibandingkan Indonesia yang masih memercayakan ekspor, raw material, atau bahan mentah.

Baca Juga : DPR Cium Praktek Rente di Pengadaan Batu Bara PLN

Hal ini berbeda dengan ekspor Singapura, Malaysia, Thailand, dan Filipina, yang didominasi barang jadi dan separuh jadi.

Erick mengatakan proyek gasifikasi batu bara yang dilakukan PT Pertamina (Persero), PT Bukit Asam Tbk (PTBA), dan Air Products& Chemicals Inc (APCI) dapat mengurani subsidi elpiji sebesar Rp7 triliun per tahun dan memperbaiki neraca perdagangan Indonesia.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button