Ekonomi

Jalin Sinergi dengan APH Lain, Bea Cukai Optimistis Tingkatkan Pengawasan

INDOPOSCO.ID – Pengawasan di perbatasan negara dan berbagai sektor lainnya khususnya di bidang kepabeanan dan cukai, menjadi salah satu hal yang vital. Selain barang, kondisi pandemi Covid-19 mewajibkan adanya peningkatan pengawasan terhadap masuknya WNA atau WNI ke dalam negeri. Merespon hal tersebut, Bea Cukai secara rutin melakukan berbagai kerja sama dengan Aparat Penegak Hukum (APH) lain, sebagai langkah dalam memperkuat pengawasan tersebut.

Kepala Sub Direktorat Hubungan Masyarakat (Humas) dan Penyuluhan Bea Cukai, Hatta Wardhana mengatakan, dalam pelaksanaan tugas di lapangan sering kali ditemukan berbagai kendala, sehingga dibutuhkan berbagai koordinasi dan kerja sama baik dengan berbagai APH lain.

Memperingati Hari Bhakti Imigrasi ke-72, Bea Cukai Batam turut hadir dalam Apel Nasional Gabungan antara Imigrasi, TNI, Polri, dan instansi terkait lainnya, Rabu (19/1/2022). Dipimpin oleh Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham), Yasonna Hamonangan Laoly, apel digelar di Dermaga 99, Batu Ampar, Batam.

Baca Juga: Bea Cukai Gencarkan Workshop Identifikasi Pita Cukai 2022

Yasonna menekankan terkait keamanan dan ketertiban wilayah NKRI menjadi tanggung jawab seluruh pemangku kepentingan. Dibutuhkan sinergi dan kolaborasi antar instansi penegak hukum, penjaga perbatasan, dan penjaga kedaulatan.

“Apel gabungan ini bertujuan untuk meningkatkan kolaborasi antar instansi pemerintah dalam pengawasan penegakan hukum lalu lintas barang dan orang yang masuk atau keluar wilayah Indonesia, serta pengawasannya dalam rangka menjaga tegaknya kedaulatan negara,” imbuhnya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button