Ekonomi

Batan dan PLN Didorong Kolaborasi Kembangkan Energi Nuklir

INDOPOSCO.ID – Tantangan krisis energi fosil kini sedang menghantui dunia. Di saat yang sama komitmen dan upaya dekarbonisasi dengan green energi semakin gencar dikampanyekan oleh banyak negara termasuk Indonesia.

Menyoroti fenomena krisis energi dan ancaman perubahan iklim yang terjadi secara bersamaan ini, Wakil Ketua Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) Sultan B Najamudin mendorong pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dan Badan Tenaga Nuklir Nasional (Batan) untuk segera melakukan percepatan eksplorasi potensi sumber energi nuklir di Indonesia.

“Kita sedang berada di suasana krisis energi sekaligus krisis iklim. Dan inilah momentum yang tepat bagi Indonesia untuk segera mengalihkan perhatiannya terhadap energi masa depan yang murah dan ramah lingkungan, seperti energi nuklir. Kita memiliki potensi uranium dan thorium yang luar biasa,” kata Sultan melalui keterangan resminya pada Senin (10/1).

Menurutnya, dalam mengembangkan teknologi nuklir, Indonesia perlu meniru Prancis yang mampu mewujudkan kualitas udara dan lingkungan bersih dengan memanfaatkan energi nuklir dalam posisnya sebagai negara industri maju.

Baca Juga : Batan Rancang Reaktor Nuklir Berpendingin Gas

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button