Ekonomi

Dorong Pemulihan Ekonomi, Bea Cukai Kawal Pelepasan Ekspor di Tiga Daerah

INDOPOSCO.ID – Dalam mendukung pemulihan ekonomi nasional, pemerintah melalui Bea Cukai gencar memberikan fasilitas serta kemudahan-kemudahan dalam pelaksanaan ekspor. Rangkaian asistensi secara rutin juga telah digalakkan Bea Cukai sehingga berhasil mendorong para pelaku usaha dalam negeri dalam merealisasikan ekspor produk unggulan mereka.

Pada Senin (27/12) Kanwil Bea Cukai Sumbagtim bersama seluruh perwakilan Kemenkeu di Sumatera Selatan melakukan pelepasan ekspor perdana satu kontainer hasil budidaya BSF (Black Soldier Fly) berupa tepung dan maggot kering BSF sebagai pakan alternatif untuk hewan terrnak maupun hewan peliharaan yang diproduksi di Sumatera Selatan dan dikirim ke Singapura di pelabuhan Boom Baru, sebanyak 126 package seberat 7.738 kg dengan nilai ekspor mencapai USD38.442.

Baca Juga : Bea Cukai Sinergi dengan Instansi Lain Dorong Ekspor UMKM

Kepala Kanwil Bea Cukai Sumbagtim, Sugeng Apriyanto menjelaskan bahwa kali ini ekspor maggot kering BSF dilakukan oleh PT Golden Oilindo Nusantara yang bekerjasama dengan FeedWerkz Pte. Ltd Singapura yang ke depannya berharap untuk terus meningkatkan kapasitas produksi melalui afiliasi bersama UMKM dengan sistem desentrilisasi (plasma) dan saat ini sudah dimulai persiapannya.

“Seperti kita ketahui bahwa ekspor barang produk olahan yang tercatat di Sumatera Selatan selama ini perlu mendapat perhatian lebih, terutama UMKM. Skema pemberdayaan UMKM melalui kerjasama dengan perusahaan yang telah berorientasi ekspor seperti ini diharap membantu membuka akses pasar ekspor di luar negeri,” tambahnya.

Dikatakan Sugeng bahwa ekspor maggot kering BSF tersebut dapat membawa nilai positif yang cukup besar, yaitu mendatangkan devisa ekspor yang secara linear dapat meningkatkan neraca perdagangan kita yang mana pada akhirnya dapat memacu pertumbuhan ekonomi daerah maupun nasional.

Baca Juga : Tingkatkan Pelayanan, Bea Cukai Adakan Diskusi Bersama Stakeholder

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button