Ekonomi

Rupiah Menguat Setelah The Fed Umumkan Hasil Rapat

INDOPOSCO.IDNilai tukar (kurs) rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada Kamis pagi menguat setelah bank sentral Amerika Serikat The Fed mengumumkan hasil rapat.

Rupiah pagi ini bergerak menguat 7 poin atau 0,05 persen ke posisi Rp14.327 per dolar AS dibandingkan posisi pada penutupan perdagangan sebelumnya Rp14.334 per dolar AS.

“Agak menarik hari ini. Karena setelah statement The Fed ditambah dot plot yang kasih indikasi bahwa target range di akhir 2022 ada di 0,75 sampai 1 persen, justru USD-nya yang melemah” kata analis Indonesia Commodity and Derivatives Exchange (ICDX) Nikolas Prasetia saat dihubungi di Jakarta, Kamis (16/12/2021), seperti dikutip Antara.

Baca Juga : Rupiah Melemah Seiring Meningkatnya Data Inflasi AS

The Fed mengatakan akan mengakhiri pembelian obligasi era pandemi pada Maret dan mulai menaikkan suku bunga sebanyak tiga kali tahun depan.

Pejabat The Fed juga memperkirakan inflasi AS akan mencapai 2,6 persen tahun depan, dibandingkan dengan 2,2 persen yang diproyeksikan pada September, dan tingkat pengangguran akan turun menjadi 3,5 persen.

Menurut Nikolas, pelemahan dolar AS kemungkinan karena efek pernyataan tersebut yang sesuai dengan perkiraan dan sama dengan pernyataan Gubernur The Fed Jerome Powell pada awal bulan ini.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button