Ekonomi

Bea Cukai Turut Ambil Peran Dalam Mendukung Ketahanan Energi Nasional

INDOPOSCO.ID – Pemerintah terus berupaya memenuhi kebutuhan energi nasional. Saat ini diperlukan energi alternatif pengganti sumber daya energi tersebut agar dapat menguntukan dan menyeimbangkan pemakaian konsumsi sumber daya alam (SDA). Energi berupa panas matahari, angin, dan surya menjadi potensi energi alternatif yang dapat dikembangkan di Indonesia.

Direktur Fasilitas Kepabeanan, Untung Basuki mengungkapkan bahwa, “kita tahu bahwa kebutuhan atau cadangan energi termasuk minyak dan gas bumi menurut data dari kementerian SDM di 2030 sudah mulai habis. Kemudian panas bumi di 2051 dan cadangan energi batubara 2043 kemungkinan juga sudah habis. Oleh karena itu, kita harus memikirkan untuk energi alternatif yang sesuai dengan arahan Presiden,” tambahnya.

Baca Juga : Ini Serangkaian Pemanfaatan Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau di Daerah

Hambatan dari adanya energi terbarukan di Indonesia, antara lain teknologi dan kondisi ekonomi yang belum memadai, paradigma mengenai energi terbarukan yang masih belum dipandang secara mendalam, dan konsumsi sumber energi yang tergolong besar.

Dalam upayanya mendukung ketahuanan energi nasional Bea Cukai menyediakan beberapa fasilitas yang antara lain fasilitas kepabeanan bagi industri hulu migas dalam PMK Nomor 217/PMK.04/2019 yang berisi pembebasan bea masuk atau tidak dipungut pajak dalam rangka impor atas impor barang untuk kegiatan usaha hulu migas dan gas bumi.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button