Ekonomi

LPDB-KUMKM Siapkan Permodalan Koperasi Petani Agro Tora

INDOPOSCO.ID – Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mendorong petani untuk berkonsolidasi ke koperasi dan tidak lagi bekerja secara sendiri-sendiri agar memiliki skala ekonomi. Dengan begitu, akses pembiayaan lebih mudah didapatkan, memiliki jaminan pasar dan berdaya saing.

“Selama ini banyak petani bekerja secara individu dengan lahan sempit, hal ini menyulitkan untuk mengakses pembiayaan, tidak efektif dan tidak memiliki daya saing. Karena itu kita konsolidasi dalam koperasi,” kata Teten Masduki saat Penanaman Perdana Bibit Pisang Cavendish Petani Koperasi Agro Tora Wajasakti, di Sukabumi, Jawa Barat.

Bersama Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala BPN RI Sofyan A Djalil dalam kegiatan tersebut, Teten juga mendorong koperasi memiliki model bisnis. Khusus koperasi di sektor pangan atau pertanian harus berperan sebagai aggregator dan offtaker utama dari petani, yang terhubung langsung dengan korporasi.

Nantinya, koperasi akan diperkuat permodalan dan kelembagaannya oleh Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi, Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (LPDB-KUMKM). Penguatan ini juga bisa bersinergi dengan perbankan.

‚ÄúDengan model bisnis ini, petani atau peternak tidak lagi harus memikirkan kemana produknya akan dipasarkan, itu sudah menjadi urusan koperasi. Tapi harus direncakan sejak awal,” imbuh Teten.

Teten menegaskan, apabila kesadaran petani untuk berkoperasi sudah merata maka keinginan Presiden Jokowi untuk membentuk korporatisasi petani demi terciptanya ketahanan pangan dapat segera terwujud.

Ditempat yang sama, Direktur Utama LPDB-KUMKM Supomo, menyatakan akan menyiapkan dana bergulir bagi Koperasi Agro Tora Wajasakti untuk modal kerja, mulai dari penanaman hingga menampung produk petani.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button