Ekonomi

Tahun 2022 Jadi Momen Emas RI Akselerasi Ekonomi

INDOPOSCO.ID – Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menilai tahun 2022 menjadi momen emas Indonesia untuk mengakselerasi pertumbuhan ekonomi, sehingga Indonesia diharapkan dapat mengoptimalkan berbagai peluang yang ada.

“Walaupun masih ada tantangan terkait Covid-19 dan variannya, namun hal itu dapat dimitigasi,” ungkap Menko Airlangga Hartarto seperti dikutip Antara, Kamis (18/11/2021)

Pada tahun 2022 upaya penanganan pandemi yang analitis dan pelaksanaan program vaksinasi secara konsisten diperkirakan dapat mendorong ekonomi untuk membaik dan tumbuh di kisaran 5,2 persen.

Berita Terkait

Pemerintah juga tetap memberikan dukungan kepada dunia usaha untuk menjaga proses keberlangsungan usaha selama masa pemulihan, di mana untuk UMKM berbagai program telah diserahkan antara lain subsidi bunga, penempatan dana pemerintah pada bank umum mitra untuk mendukung perluasan kredit modal kerja, hingga restrukturisasi kredit UMKM.

Hingga 12 November 2021 total realisasi Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) telah mencapai Rp483,91 triliun atau 65 persen dari total pagu anggaran Rp 744,77 triliun.

Menko Airlangga Hartarto menerangkan bahwa pemerintah akan tetap menjaga fleksibilitas APBN dan meneruskan Program PEN, yang akan dilanjutkan di tahun 2022 untuk mengantisipasi perluasan dampak pandemi di tahun depan dengan anggaran Rp 321,2 triliun.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button