Ekonomi

Investor Thailand Diajak Berinvestasi Di Sektor Logistik Indonesia

INDOPOSCO.ID – Pebisnis dan investor Thailand diajak untuk berinvestasi di sektor logistik Indonesia, dalam kegiatan forum bisnis yang diselenggarakan oleh KBRI Bangkok pada Selasa (9/11).

Dihadiri oleh 47 pengusaha Thailand dari 21 perusahaan yang bergerak di sektor logistik, forum bisnis bertema “Unlocking Opportunities in Logistic Sector to Support Trade and Investment” itu ditujukan untuk mendorong kembali kerja sama Indonesia-Thailand yang kemajuannya sempat stagnan akibat pandemi Covid-19.

“Agar kerja sama ekonomi dan investasi Indonesia-Thailand dapat segera rebound (bangkit kembali—red), perlu keberanian untuk bergerak mendorong pebisnis dan investor Thailand untuk dapat mulai kembali bekerja sama dengan Indonesia. Salah satu keberanian yang sudah saatnya dilakukan yaitu penyelenggaraan forum bisnis secara tatap muka di masa pandemi,” kata Duta Besar RI untuk Thailand Rachmat Budiman, seperti dikutip Antara, Rabu (10/11/2021).

Dalam sambutan pembukaannya, Rachmat menyampaikan bahwa meskipun mengalami perlambatan kegiatan perekonomian akibat Covid-19, pergerakan ekonomi riil Indonesia terus membaik. Pemerintah Indonesia terus berusaha untuk mendorong pergerakan ekonomi Indonesia, antara lain dengan pelaksanaan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja (Omnibus Law).

UU ini dapat membantu perbaikan ekonomi negara dengan sistem perizinan yang sederhana, lebih mudah, dan cepat sehingga mendorong calon investor lebih tertarik berinvestasi di Indonesia.

“Saat ini, Indonesia membuka kesempatan besar bagi pengusaha asing, khususnya pengusaha Thailand untuk berinvestasi di sektor logistik. Potensi kerja sama di bidang logistik tengah didorong pemerintah Indonesia agar disrupsi logistik yang mengganggu pergerakan rantai pasokan barang dapat teratasi, serta agar upaya Indonesia dan Thailand untuk mendukung terwujudnya ASEAN Logistic Network (Jaringan Logistik ASEAN—red) dapat terealisasi,” ujar Rachmat.

Wakil Ketua Federasi Industri Thailand Kitti Tangjitrmaneesakda dalam sambutannya mengakui potensi Indonesia sebagai mitra bisnis bagi Thailand di kawasan Asia. Menurutnya, potensi kerja sama yang dapat dikedepankan antara kedua negara adalah bidang e – logistic yang mengharuskan investasi teknologi guna menjawab tantangan di tengah pandemi.

Sementara itu, Ketua Kamar Dagang Indonesia-Thailand Chandra Hartono Jokowidjaja mengajak mitra investor Thailand untuk berinvestasi di Indonesia dengan kemudahan berinventasi sesuai Omnibus Law yang pro bisnis.

Omnibus Law dianggap sebagai motor penggerak yang menawarkan berbagai perbaikan peraturan yang memudahkan investasi, termasuk investasi di bidang logistik di Indonesia, menurut Direktur Indonesia Investment Promotion Center (IIPC) di Singapura Mohamad Faizal yang hadir secara virtual dalam forum tersebut sebagai pembicara. “Undang-Undang ini juga mencerminkan komitmen pemerintah RI dalam menarik investor ke Indonesia,” kata Faizal.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button